"" SKD Sekolah Kedinasan 2024 - Kisi-Kisi SKD Sekolah Kedinasan
logo bimbel jadisekdin

SKD Sekolah Kedinasan 2024 – Kisi-Kisi Sekolah Kedinasan

SKD Sekolah Kedinasan 2024
JadiSekdin.id

SKD Sekolah Kedinasan 2024 – Siapa yang sedang berjuang untuk menaklukan pujaan hati? Eits, ini pujaan hati bukan sembarang pujaan hati yaa, pujaan hati nya para anak muda, para orangtua, apalagi calon mertua. Ya, apa lagi kalau bukan sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan menjadi salah satu pilihan populer bagi lulusan SMA atau sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan dengan jaminan pekerjaan di instansi pemerintahan. Proses seleksi untuk masuk ke sekolah kedinasan cukup ketat dan terdiri dari beberapa tahapan, salah satunya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pada artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai apa saja yang perlu disiapkan sebelum mengikuti SKD sekolah kedinasan 2024, bentuk soal yang akan dihadapi, tips untuk sukses saat SKD Sekolah Kedinasan 2024, serta informasi mengenai passing grade yang harus dicapai. Mari kita bahas

Apa saja sih hal yang harus dipersiapkan menuju SKD?

Sebelum menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Agar nantinya kita dapat menghadapi SKD dengan baik.

  1. Dokumen dan Persyaratan Administratif

Sebelum menghadapi ujian SKD, pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah kedinasan. Dokumen yang biasanya diperlukan antara lain adalah ijazah, kartu identitas, kartu ujian, dan sertifikat pendukung lainnya. Pastikan untuk memeriksa kembali persyaratan administratif ini melalui website resmi sekolah kedinasan yang dituju.

  1. Kondisi Fisik dan Mental

Persiapan fisik dan mental sangat penting sebelum mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Jaga kesehatan dengan pola makan yang sehat, cukup istirahat, dan rutin berolahraga. Selain itu, persiapkan mental dengan menjaga fokus dan mengelola stres. Teknik relaksasi seperti meditasi dan latihan pernapasan bisa membantu menjaga ketenangan pikiran.

  1. Materi dan Latihan Soal

Pelajari materi SKD dengan baik. Biasanya, materi yang diujikan mencakup Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Untuk lebih mempersiapkan diri, cari dan kerjakan latihan soal SKD dari berbagai sumber. Buku latihan soal dan aplikasi latihan soal online bisa sangat membantu dalam mempersiapkan diri.

Jenis Soal SKD Seperti apa saja ya?

Nah, seperti tips diatas bahwa kita harus banyak belajar dan Latihan soal. Lalu seperti apa jenis soal yang di tes kan pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

 TWK bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan Indonesia. Materi yang diujikan meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, soal TWK juga sering mencakup sejarah nasional, peran Indonesia di kancah internasional, dan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

  1. Tes Intelegensia Umum (TIU)

 TIU dirancang untuk mengukur kemampuan intelektual yang meliputi kemampuan verbal, numerik, dan figural. Soal-soal TIU biasanya terdiri dari analogi, silogisme, analisis data, aritmatika, deret angka, dan pola gambar. Tes ini menguji kemampuan peserta dalam berpikir logis, analitis, serta kemampuan pemecahan masalah.

  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

TKP menilai aspek personal yang mencakup integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan beradaptasi, mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas, serta bekerja sama dalam kelompok. Soal-soal TKP biasanya berbentuk situasional dimana peserta harus memilih jawaban yang paling sesuai dengan kepribadian dan situasi yang diberikan.

Tips Ketika Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Siapa disini yang sering blank saat tes dilakukan, padahal sudah belajar dengan baik? Hal tersebut bisa saja terjadi saat kita terlalu gugup dan tidak tenang, sehingga mengganggu pikiran kita dan kita tidak bisa menjawab pertanyaan dengan baik, untuk mengantisipasi itu cobalah lakukan beberapa hal ini.

  1. Manajemen Waktu

Waktu ujian sangat terbatas, jadi penting untuk mengatur waktu dengan baik. Baca soal dengan cepat dan cermat, lalu kerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu. Jangan habiskan terlalu banyak waktu pada satu soal yang sulit. Jika ada soal yang sangat sulit, lewati dulu dan kembali lagi jika waktu masih memungkinkan.

  1. Pahami Materi

Pelajari materi secara mendalam dan jangan hanya menghafal. Pahami konsep-konsep dasar dari setiap materi yang diujikan. Misalnya, untuk TWK, pahami makna dan aplikasi dari nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Latihan Rutin

Latihan soal secara rutin akan membantu meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal. Selain itu, latihan juga membantu mengenali pola soal yang sering muncul dan meningkatkan rasa percaya diri.

  1. Tetap Tenang dan Fokus

Saat ujian berlangsung, tetap tenang dan fokus. Jangan panik jika menemukan soal yang sulit. Ingat, setiap soal memiliki bobot nilai yang sama, jadi kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu untuk mengamankan poin.

Passing Grade SKD Sekolah Kedinasan 2024?

adalah nilai minimum yang harus dicapai peserta untuk dinyatakan lulus pada tahap SKD. Passing grade ini ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan bisa berbeda setiap tahunnya. Berikut adalah passing grade untuk setiap jenis tes dalam SKD:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

 Passing grade untuk TWK biasanya ditetapkan sekitar 65 poin. Namun, nilai ini bisa berubah setiap tahun tergantung pada kebijakan yang berlaku.

  1. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Passing grade untuk TIU biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan TWK, yaitu sekitar 80 poin. TIU mengukur kemampuan intelektual peserta sehingga membutuhkan persiapan yang matang.

  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Passing grade untuk TKP biasanya ditetapkan sekitar 126 poin. Tes ini menilai karakteristik pribadi peserta yang sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh instansi pemerintahan.

Passing grade ini bisa berbeda tiap tahunnya, jadi ceklah secara berkala.

Mengikuti Bimbingan Belajar untuk Persiapan SKD 2024

Menghadapi SKD Sekolah Kedinasan 2024 membutuhkan persiapan yang matang dan strategi belajar yang tepat. Salah satu cara efektif untuk mempersiapkan diri adalah dengan mengikuti bimbingan belajar (bimbel) yang khusus menyediakan program persiapan SKD. Bimbel ini biasanya menawarkan materi pembelajaran yang lengkap, latihan soal yang banyak, serta tips dan trik menghadapi ujian.

Bimbel juga menyediakan sesi simulasi ujian yang dapat membantu peserta mengukur kemampuan dan mengetahui area mana yang perlu ditingkatkan. Dengan bimbingan dari pengajar yang berpengalaman, peserta dapat lebih percaya diri dan siap menghadapi SKD Sekolah Kedinasan 2024.

Program Premium Tes Sekolah Kedinasan 2024

Jika Anda serius ingin lulus SKD dan masuk ke sekolah kedinasan impian, jangan ragu untuk mengikuti bimbel yang tepat. Cari informasi mengenai bimbel yang menawarkan program persiapan SKD terbaik dan sesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Proses seleksi masuk sekolah kedinasan memang tidak mudah, namun dengan persiapan yang baik, Anda pasti bisa melewati tahapan SKD dengan sukses. Ingatlah untuk mempersiapkan semua dokumen dan persyaratan administratif, menjaga kondisi fisik dan mental, serta menguasai materi dan bentuk soal yang akan dihadapi. Jangan lupa untuk menerapkan tips-tips yang telah dibahas agar Anda dapat mengelola waktu dan stres dengan baik selama ujian berlangsung.

BACA JUGA: Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Renang – Apa saja?

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiSEKDIN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiSEKDIN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “SEKDIN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES19”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Ayoo Download Aplikasi JadiSEKDIN karena banyak sekali yang bisa kamu dapatkan agar kalian CEPAT TERLATIH dengan Soal soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024!!!

  • Dapatkan ribuan soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024 dengan pembahasan yang mudah dipahami, berupa video dan teks
  • Live Class Gratis (Berlajar Bareng lewat Zoom)
  • Materi-materi Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • Ratusan Latsol Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • Puluhan paket Simulasi Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • dan masih banyak lagi yang lainnya
Slide

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top