"" Sekolah Kedinasan yang Menerima Jurusan IPS - Temukan...
logo bimbel jadisekdin

Sekolah Kedinasan yang Menerima Jurusan IPS – Temukan Kesempatan Anda di Sekolah Kedinasan sebagai Lulusan IPS

Sekolah Kedinasan yang Menerima Jurusan IPS – Memilih jalur karir setelah menamatkan pendidikan menengah atau perguruan tinggi adalah salah satu keputusan penting dalam hidup Anda. Bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sekolah kedinasan bisa menjadi salah satu opsi menarik untuk dipertimbangkan. Sekolah kedinasan tidak hanya terbuka untuk lulusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tetapi juga memberikan peluang yang luas bagi lulusan IPS untuk berkarir di berbagai lembaga pemerintahan.

Mengapa Memilih Sekolah Kedinasan?

Sekolah kedinasan menawarkan berbagai keuntungan yang tidak ditemukan di jalur pendidikan atau karir lain. Pertama, pendidikan di sekolah kedinasan sering kali dibiayai oleh negara, sehingga Anda dapat menghemat biaya pendidikan tinggi. Kedua, sekolah kedinasan menjamin pekerjaan setelah lulus; ini adalah jaminan yang sangat berharga di era ketidakpastian ekonomi. Ketiga, bekerja di sektor pemerintahan menawarkan kestabilan, manfaat pensiun yang baik, dan kesempatan untuk kontribusi nyata terhadap masyarakat.

Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan IPS

Berikut ini beberapa sekolah kedinasan di Indonesia yang menerima lulusan jurusan IPS, lengkap dengan program studi dan prospek karir yang ditawarkan:

1. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

STIS adalah institusi yang berfokus pada pendidikan statistik dan menyediakan sumber daya manusia yang kompeten untuk Badan Pusat Statistik (BPS) dan lembaga pemerintahan lainnya. Lulusan IPS dapat mendaftar di STIS dan mempelajari bagaimana data dikumpulkan, dianalisis, dan digunakan untuk pembuatan kebijakan. Karir pascakuliah biasanya berpusat di BPS atau departemen statistik lembaga pemerintah lainnya.

2. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Salah satu pilihan paling populer untuk lulusan IPS adalah PKN STAN, yang mempersiapkan siswanya untuk karir di bidang keuangan dan pajak. Program-program di STAN sangat relevan untuk lulusan IPS, seperti D-III Pajak, D-III Bea dan Cukai, serta D-III Kebendaharaan Negara. Alumni STAN sering mendapatkan penempatan di Kementerian Keuangan dan lembaga terkait lainnya.

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN menyiapkan siswanya untuk menjadi pemimpin di tingkat daerah dan pusat. Lulusan IPS cocok untuk IPDN karena banyak materi yang berkaitan dengan administrasi publik, pemerintahan daerah, dan ilmu sosial. Karir lulusan umumnya adalah sebagai aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahan lokal atau nasional.

4. Akademi Kepolisian (AKPOL)

Meskipun lebih sering dikaitkan dengan lulusan IPA, AKPOL juga terbuka untuk lulusan IPS yang ingin berkarir di kepolisian. Di sini, Anda tidak hanya belajar tentang hukum dan ketertiban, tetapi juga psikologi dan ilmu sosial yang berperan penting dalam tugas kepolisian.

Persiapan yang Diperlukan

Untuk memasuki sekolah kedinasan, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan:

1. Peningkatan Pengetahuan Umum

Sebagai lulusan IPS, Anda harus terus mengasah pengetahuan umum dan pemahaman terkait isu-isu sosial, ekonomi, dan politik, yang sering menjadi materi ujian masuk sekolah kedinasan.

2. Kesiapan Mental dan Fisik

Seleksi masuk tidak hanya melibatkan tes akademik tetapi juga tes fisik dan psikologis. Kesiapan mental dan fisik menjadi penting, terutama jika Anda memilih institusi seperti AKPOL atau IPDN.

3. Persiapan Berkas dan Administrasi

Pastikan semua dokumen Anda lengkap dan valid. Hal ini mencakup akte kelahiran, KTP, ijazah terakhir, dan dokumen pendukung lainnya yang diminta oleh sekolah kedinasan pilihan Anda.

Tips Menghadapi Seleksi

  • Latihan Soal: Banyak soal latihan yang tersedia online. Memanfaatkan sumber ini akan membantu Anda memahami format dan jenis pertanyaan yang akan dihadapi.
  • Jaga Kesehatan: Kondisi fisik yang prima akan sangat membantu, terutama saat menghadapi tes fisik.
  • Networking: Berinteraksi dengan alumni atau siswa yang sedang menjalani pendidikan di sekolah kedinasan dapat memberikan Anda wawasan dan tips berguna.

Kesimpulan

Sebagai lulusan IPS, banyak kesempatan karir pemerintahan yang bisa Anda raih melalui pendidikan di sekolah kedinasan. Dengan persiapan yang matang, Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk membangun karir yang stabil dan memberikan kontribusi signifikan untuk Indonesia. Jangan ragu untuk mengejar impian Anda dan menjadi bagian dari sistem pemerintahan di negara ini. Selamat berjuang dan semoga sukses!

Program Premium Tes Sekolah Kedinasan 2024

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiSEKDIN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiSEKDIN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “SEKDIN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES19”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Ayoo Download Aplikasi JadiSEKDIN karena banyak sekali yang bisa kamu dapatkan agar kalian CEPAT TERLATIH dengan Soal soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024!!!

  • Dapatkan ribuan soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024 dengan pembahasan yang mudah dipahami, berupa video dan teks
  • Live Class Gratis (Berlajar Bareng lewat Zoom)
  • Materi-materi Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • Ratusan Latsol Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • Puluhan paket Simulasi Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

Mau berlatih Soal-soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024? Ayoo segera Masuk Grup Latihan Soal-soal SEKDIN 2024 Sekarang juga!!

Slide

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top