"" Sekolah kedinasan stpn - Apa itu STPN?
logo bimbel jadisekdin

Sekolah kedinasan stpn – Apa itu STPN?

Sekolah Kedinasan STPN – Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) adalah salah satu sekolah kedinasan di Indonesia yang memiliki fokus pada bidang pertanahan dan geospasial. Sekolah ini menyediakan pendidikan tinggi bagi para calon aparatur negara yang akan berkarir di bidang agraria, geospasial, dan pertanahan. Artikel ini akan mengupas tuntas segala informasi penting mengenai STPN, termasuk syarat pendaftaran, program studi, fasilitas, prospek karir, serta tips sukses dalam menghadapi proses seleksi. Kami juga akan memberikan ajakan untuk mengikuti bimbingan belajar (bimble) yang dapat membantu calon peserta dalam proses seleksi masuk STPN. Jangan lewatkan kesempatan untuk membaca artikel lainnya yang dapat menambah wawasan Anda tentang sekolah kedinasan.

Sejarah dan Profil STPN

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) didirikan pada tahun 1963 dan berada di bawah naungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). STPN bertujuan untuk mencetak tenaga ahli di bidang pertanahan yang profesional dan berintegritas tinggi. Dalam perjalanannya, STPN telah melahirkan banyak lulusan yang berkontribusi dalam pengelolaan sumber daya agraria di Indonesia.

Program Studi di STPN

STPN menawarkan beberapa program studi yang berfokus pada bidang pertanahan dan geospasial. Program-program tersebut dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam bidang tersebut. Berikut adalah program studi yang tersedia di STPN:

  1. Diploma IV Pertanahan Program ini menyiapkan lulusan dengan kompetensi dalam pengelolaan dan pengaturan tanah, serta penguasaan teknologi informasi di bidang pertanahan.
  2. Diploma III Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Program ini mengkhususkan pada pengukuran dan pemetaan tanah yang diperlukan untuk keperluan administrasi pertanahan dan tata ruang.
  3. Diploma III Survei dan Pemetaan Program ini mencakup survei geospasial dan pemetaan yang digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pembangunan infrastruktur dan manajemen sumber daya alam.

Syarat Pendaftaran STPN

Untuk dapat mendaftar di STPN, calon peserta harus memenuhi beberapa persyaratan umum dan khusus. Berikut adalah syarat-syarat yang perlu dipenuhi:

  1. Persyaratan Umum:
    • Warga Negara Indonesia.
    • Sehat jasmani dan rohani.
    • Tidak buta warna.
    • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
    • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai atau siswa.
  2. Persyaratan Khusus:
    • Lulusan SMA/MA jurusan IPA atau SMK jurusan yang relevan.
    • Nilai rata-rata rapor minimal 70 (skala 100) atau setara.
    • Lulus ujian seleksi yang meliputi tes akademik, tes kesehatan, dan tes wawancara.

Proses Seleksi STPN

Proses seleksi masuk STPN terdiri dari beberapa tahap yang harus dilalui oleh calon peserta. Tahap-tahap tersebut adalah:

  1. Pendaftaran Online: Calon peserta harus melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi STPN. Pada tahap ini, calon peserta diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan.
  2. Seleksi Administrasi: Dokumen-dokumen yang telah diunggah akan diverifikasi oleh panitia seleksi. Calon peserta yang memenuhi syarat administrasi akan lanjut ke tahap berikutnya.
  3. Tes Akademik: Tes ini meliputi mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Indonesia. Tes akademik bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar calon peserta dalam bidang-bidang yang relevan dengan program studi di STPN.
  4. Tes Kesehatan: Calon peserta yang lulus tes akademik akan menjalani tes kesehatan untuk memastikan mereka dalam kondisi fisik yang baik dan tidak memiliki masalah kesehatan yang dapat menghambat studi.
  5. Tes Wawancara: Tes wawancara dilakukan untuk menilai motivasi, kepribadian, dan kemampuan komunikasi calon peserta. Wawancara ini dilakukan oleh panel yang terdiri dari dosen dan tenaga ahli di STPN.

Fasilitas di STPN

STPN menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar serta pengembangan diri mahasiswa. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di STPN:

  1. Laboratorium: STPN memiliki laboratorium yang lengkap dan modern untuk mendukung praktikum dan penelitian mahasiswa, termasuk laboratorium pengukuran tanah, laboratorium geospasial, dan laboratorium komputer.
  2. Perpustakaan: Perpustakaan STPN menyediakan koleksi buku, jurnal, dan literatur lainnya yang relevan dengan bidang pertanahan dan geospasial. Selain itu, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan fasilitas internet dan ruang baca yang nyaman.
  3. Asrama: STPN menyediakan asrama bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah. Asrama ini dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti kamar tidur, kamar mandi, dan ruang belajar.
  4. Pusat Kegiatan Mahasiswa: Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) adalah tempat bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti organisasi mahasiswa, klub olahraga, dan kegiatan seni budaya.

Prospek Karir Lulusan STPN

Lulusan STPN memiliki prospek karir yang sangat baik di berbagai sektor. Berikut adalah beberapa bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan STPN:

  1. Aparatur Sipil Negara (ASN): Banyak lulusan STPN yang bekerja sebagai ASN di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan instansi pemerintah lainnya yang terkait dengan pertanahan dan geospasial.
  2. Perusahaan Swasta: Lulusan STPN juga dapat bekerja di perusahaan swasta yang bergerak di bidang survei dan pemetaan, konstruksi, real estate, dan teknologi informasi geospasial.
  3. Lembaga Penelitian dan Pendidikan: Lulusan STPN dapat berkarir sebagai peneliti atau pengajar di lembaga penelitian dan pendidikan yang fokus pada bidang agraria, geospasial, dan pertanahan.

Tips Sukses Menghadapi Seleksi STPN

Untuk dapat lulus seleksi masuk STPN, calon peserta perlu mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menghadapi proses seleksi:

  1. Belajar dengan Tekun: Persiapkan diri dengan mempelajari materi-materi yang diujikan dalam tes akademik. Anda dapat menggunakan buku-buku pelajaran SMA/MA dan mengikuti kursus atau bimbingan belajar yang relevan.
  2. Latihan Soal: Latih kemampuan Anda dengan mengerjakan soal-soal latihan dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih familiar dengan tipe soal yang akan diujikan.
  3. Jaga Kesehatan: Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang baik dengan menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur. Tes kesehatan adalah salah satu tahap penting dalam proses seleksi.
  4. Persiapkan Dokumen: Pastikan semua dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran telah disiapkan dengan lengkap dan sesuai persyaratan. Jangan sampai ada dokumen yang tertinggal atau tidak memenuhi kriteria.
  5. Percaya Diri: Saat menghadapi tes wawancara, tunjukkan rasa percaya diri dan sampaikan motivasi Anda untuk bergabung dengan STPN. Persiapkan diri dengan baik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan.

Ajakan untuk Mengikuti Bimbingan Belajar (Bimble)

Menghadapi proses seleksi masuk STPN membutuhkan persiapan yang matang dan strategi yang tepat. Untuk membantu Anda dalam mempersiapkan diri, kami mengajak Anda untuk mengikuti bimbingan belajar (bimble) yang kami sediakan. Dengan mengikuti bimble, Anda akan mendapatkan materi pembelajaran yang komprehensif, latihan soal, serta bimbingan dari tutor berpengalaman yang siap membantu Anda sukses dalam seleksi masuk STPN.

Ajakan untuk Membaca Artikel Lainnya

Kami juga mengundang Anda untuk membaca artikel-artikel lainnya di website kami yang dapat menambah wawasan Anda tentang sekolah kedinasan dan tips sukses dalam menghadapi seleksi. Jangan lewatkan informasi penting dan bermanfaat lainnya yang dapat membantu Anda dalam meraih impian untuk menjadi bagian dari STPN.

Baca juga : Sekolah Kedinasan – Pendaftar sekolah kedinasan 2024

Sekolah Kedinasan - Jadisekdin
Sekolah kedinasan – jadisekdin.id

Program Premium Tes Sekolah Kedinasan 2024

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiSEKDIN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiSEKDIN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “SEKDIN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES19”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Ayoo Download Aplikasi JadiSEKDIN karena banyak sekali yang bisa kamu dapatkan agar kalian CEPAT TERLATIH dengan Soal soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024!!!

  • Dapatkan ribuan soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024 dengan pembahasan yang mudah dipahami, berupa video dan teks
  • Live Class Gratis (Berlajar Bareng lewat Zoom)
  • Materi-materi Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • Ratusan Latsol Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • Puluhan paket Simulasi Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

Mau berlatih Soal-soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024? Ayoo segera Masuk Grup Latihan Soal-soal SEKDIN 2024 Sekarang juga!!

Slide

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top