"" Sekolah Kedinasan STIP - Apa Saja Syarat Masuk Sekolah...
logo bimbel jadisekdin

Sekolah Kedinasan STIP – Apa Saja Syarat Masuk Sekolah Kedinasan STIP? Ini Dia Daftarnya

Sekolah Kedinasan STIP – Menjadi bagian dari institusi pendidikan kedinasan bukanlah perkara yang mudah. Salah satu institusi yang banyak diminati di Indonesia adalah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Bagi para calon pelaut, STIP menjadi salah satu tujuan utama untuk menempa diri menjadi seorang profesional di bidang pelayaran. Namun, untuk dapat diterima di STIP, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah daftar syarat masuk sekolah kedinasan STIP yang perlu Anda ketahui:

1. Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia: Calon mahasiswa STIP haruslah Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini menjadi persyaratan utama karena STIP merupakan lembaga pendidikan yang fokus pada pembentukan sumber daya manusia dalam negeri.
  • Lulusan SMA/SMK atau Sederajat: Untuk dapat mendaftar di STIP, calon mahasiswa harus memiliki latar belakang pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat. Hal ini menunjukkan bahwa STIP mengharapkan calon mahasiswa memiliki dasar pendidikan yang memadai sebelum memasuki pendidikan tinggi di bidang pelayaran.
  • Usia Maksimal: Umumnya, STIP memiliki batasan usia maksimal untuk calon mahasiswa. Biasanya, usia maksimal yang diperbolehkan untuk mendaftar adalah sekitar 21 tahun. Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih.

2. Persyaratan Akademik

  • Nilai Rata-Rata Raport: STIP memperhatikan prestasi akademik calon mahasiswa. Oleh karena itu, calon mahasiswa diwajibkan untuk memiliki nilai rata-rata raport yang memadai, biasanya minimal sekitar 7.0 atau setara.
  • Lulus Ujian Masuk: Selain nilai raport, calon mahasiswa juga harus lulus ujian masuk yang diselenggarakan oleh STIP. Ujian masuk ini mencakup berbagai mata pelajaran, termasuk matematika, fisika, bahasa Inggris, dan bidang-bidang terkait lainnya.

3. Persyaratan Kesehatan

  • Surat Keterangan Sehat: Sebagai lembaga pendidikan yang mempersiapkan calon mahasiswa untuk menjadi pelaut, kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Oleh karena itu, calon mahasiswa harus menyertakan surat keterangan sehat dari dokter yang kompeten.
  • Tidak Buta Warna: Kondisi kesehatan tertentu, seperti buta warna, dapat menjadi hambatan bagi calon mahasiswa untuk diterima di STIP. Hal ini karena buta warna dapat mengganggu kemampuan dalam membedakan sinyal-sinyal di laut yang sangat penting dalam profesi pelayaran.

4. Persyaratan Administratif

  • Pas Foto: Calon mahasiswa diwajibkan untuk menyertakan pas foto dengan format dan ukuran tertentu sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh STIP.
  • Fotokopi Dokumen: Selain pas foto, calon mahasiswa juga harus menyertakan fotokopi dokumen-dokumen penting seperti kartu identitas, ijazah, dan dokumen-dokumen lain yang diminta oleh STIP.

5. Persyaratan Psikologi

  • Tes Psikologi: STIP juga melaksanakan tes psikologi sebagai bagian dari proses seleksi calon mahasiswa. Tes ini bertujuan untuk menilai kepribadian, kemampuan beradaptasi, dan potensi kerja sama calon mahasiswa di lingkungan pelayaran yang seringkali penuh dengan tekanan.

Penutup

Mendaftar dan diterima di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) bukanlah perkara yang mudah. Calon mahasiswa harus memenuhi sejumlah syarat mulai dari persyaratan umum, akademik, kesehatan, administratif, hingga psikologi. Setiap syarat tersebut memiliki peran penting dalam menilai kelayakan calon mahasiswa untuk menjalani pendidikan di bidang pelayaran. Oleh karena itu, bagi para calon mahasiswa yang tertarik untuk bergabung dengan STIP, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memastikan bahwa semua syarat telah terpenuhi. Dengan demikian, diharapkan para lulusan STIP dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan siap bersaing di dunia industri pelayaran nasional maupun internasional.

Program Premium Tes Sekolah Kedinasan 2024

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiSEKDIN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiSEKDIN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “SEKDIN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES19”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Ayoo Download Aplikasi JadiSEKDIN karena banyak sekali yang bisa kamu dapatkan agar kalian CEPAT TERLATIH dengan Soal soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024!!!

  • Dapatkan ribuan soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024 dengan pembahasan yang mudah dipahami, berupa video dan teks
  • Live Class Gratis (Berlajar Bareng lewat Zoom)
  • Materi-materi Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • Ratusan Latsol Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • Puluhan paket Simulasi Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

Mau berlatih Soal-soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024? Ayoo segera Masuk Grup Latihan Soal-soal SEKDIN 2024 Sekarang juga!!

Slide

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top