"" Sekolah Kedinasan Statistik - Temukan Sekdin Statistik Impianmu! - Jadi Sekdin
logo bimbel jadisekdin

Sekolah Kedinasan Statistik – Temukan Sekdin Statistik Impianmu!

Sekolah Kedinasan Statistik – Statistika, ilmu yang mengolah data menjadi informasi berharga, kini memegang peranan penting di berbagai bidang. Bagi kamu yang tertarik berkontribusi dalam pembangunan negeri dengan kekuatan data, Kedinasan Statistik bisa menjadi pilihan tepat.

Sekolah Kedinasan Statistik

Berbeda dengan universitas, Kedinasan Statistik menawarkan pendidikan berbiaya negara dengan ikatan dinas. Lulusannya dijamin langsung bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Pusat Statistik (BPS) dan berbagai instansi pemerintah lainnya.

Dua Pilar Utama Sekolah Kedinasan Statistik:

  1. Politeknik Statistika STIS: Berlokasi di Jakarta, STIS merupakan politeknik kedinasan di bawah BPS yang menyelenggarakan program Diploma III dan Sarjana Terapan Statistika.
  2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS): Kampus STIS terletak di Jakarta dan Yogyakarta, menawarkan program Diploma IV Statistika dan Diploma IV Komputasi Statistik.

Keunggulan Memilih Sekolah Kedinasan Statistik

  • Pendidikan berkualitas dengan biaya negara: Bebas biaya pendidikan, asrama, dan mendapatkan uang saku selama masa studi.
  • Jaminan kerja sebagai ASN: Lulusan diangkat menjadi ASN dengan pangkat dan gaji sesuai peraturan.
  • Kurikulum yang relevan: Fokus pada ilmu statistik dan komputasi statistik yang dibutuhkan BPS dan instansi pemerintah.
  • Fasilitas lengkap: Kampus modern, asrama nyaman, dan fasilitas belajar yang memadai.
  • Pembentukan karakter: Menanamkan nilai disiplin, integritas, dan profesionalisme.

Program Studi yang Ditawarkan

Sekolah Kedinasan Statistik menawarkan beragam program studi yang dirancang untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam bidang statistik. Beberapa program studi yang umum ditawarkan di Sekolah Kedinasan Statistik antara lain:

  1. Ilmu Statistik Dasar: Memahami konsep dasar dalam statistik, termasuk distribusi probabilitas, estimasi parameter, dan pengujian hipotesis.
  2. Metode Statistik: Mempelajari berbagai metode statistik yang digunakan dalam analisis data, seperti regresi, analisis varians, dan analisis multivariat.
  3. Komputasi Statistik: Menggunakan perangkat lunak statistik seperti R, SPSS, atau SAS untuk menganalisis data secara efektif dan efisien.
  4. Statistika Terapan: Menerapkan konsep statistik dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, lingkungan, kesehatan, dan sosial.
  5. Pengelolaan Data: Belajar tentang teknik pengumpulan, pengolahan, dan interpretasi data untuk menghasilkan informasi yang berguna dan akurat.

Langkah Menuju Kedinasan Statistik:

  1. Penuhi persyaratan: Cek persyaratan di website resmi STIS atau Politeknik Statistika STIS.
  2. Daftar online: Pendaftaran online biasanya dibuka pada bulan April-Mei.
  3. Seleksi: Lalui tes tertulis dan tes kesehatan.
  4. Ikuti pendidikan: Jalani pendidikan selama 3-4 tahun depending on program.
  5. Lulus dan menjadi ASN: Bekerja di BPS atau instansi pemerintah lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top