"" Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang Sepi Peminat 2024 - Cari...
logo bimbel jadisekdin

Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang Sepi Peminat 2024 – Cari Tahu! Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang Sepi Peminat Tapi Berkualitas di 2024

Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang Sepi Peminat 2024 – Di tengah hiruk pikuk persaingan memasuki perguruan tinggi negeri dan swasta yang terus meningkat setiap tahunnya, terdapat pilihan lain yang sering terlupakan, yakni sekolah kedinasan, khususnya jurusan IPS yang notabene sepi peminat di tahun 2024. Ironisnya, kurangnya antusiasme ini tidak mencerminkan kualitas pendidikan dan prospek karir yang ditawarkan. Mari kita selami lebih dalam apa saja yang membuat sekolah kedinasan jurusan IPS ini layak untuk dipertimbangkan.

Keuntungan Sekolah Kedinasan Jurusan IPS

1. Biaya Pendidikan Terjangkau

Salah satu keuntungan paling menarik dari sekolah kedinasan adalah biaya pendidikan yang relatif lebih terjangkau dibandingkan perguruan tinggi swasta. Bahkan, beberapa institusi menyediakan beasiswa penuh yang mencakup biaya hidup. Hal ini tentu sangat membantu, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan finansial.

2. Jaminan Karir

Lulusan sekolah kedinasan jurusan IPS sering kali langsung terikat kontrak kerja dengan instansi pemerintah. Ini berarti, mereka tidak perlu khawatir mencari pekerjaan setelah lulus, sebuah keuntungan yang jarang ditemukan di jalur pendidikan lain.

3. Kurikulum Terapan

Sekolah kedinasan biasanya menawarkan kurikulum yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik instansi pemerintah. Ini berarti, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis yang langsung aplikatif di dunia kerja.

Mengapa Jurusan IPS?

Jurusan IPS di sekolah kedinasan sering kali terpinggirkan, mungkin karena stigma atau asumsi bahwa prospek karirnya tidak secerah STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Namun, kebutuhan akan ahli di bidang sosial dan humaniora sangatlah penting, terutama dalam pengembangan kebijakan publik, administrasi, dan banyak lagi.

Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang Berkualitas di 2024

1. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Meski terkenal dengan program studi akuntansi dan keuangan, STAN juga menawarkan program studi di bidang kepajakan dan bea cukai yang masuk dalam ranah IPS. Lulusannya sangat diminati oleh Kementerian Keuangan dan lembaga pemerintah lainnya.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN tidak hanya melahirkan sarjana administrasi negara tetapi juga pemimpin-pemimpin daerah yang memiliki kepekaan sosial tinggi. Program studinya mencakup ilmu pemerintahan, administrasi publik, dan kebijakan publik.

3. Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika STIS menawarkan program studi statistika yang vital untuk analisis data sosial dan ekonomi, kebijakan publik, serta penelitian. Kompetensi lulusannya sangat dibutuhkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan instansi pemerintah lain.

4. Akademi Kepolisian (AKPOL)

AKPOL mungkin lebih dikenal dengan latar belakang ilmu kepolisian dan hukum, namun program studinya juga mencakup aspek sosial yang mendalam, seperti psikologi kriminal, yang sangat penting dalam penegakan hukum dan kebijakan publik.

Tantangan dan Cara Mengatasinya

1. Stigma Masyarakat

Salah satu tantangan terbesar adalah stigma masyarakat yang sering menganggap remeh jurusan IPS. Untuk mengatasinya, perlu adanya sosialisasi lebih luas tentang prospek karir dan kontribusi lulusan IPS di sekolah kedinasan kepada masyarakat dan negara.

2. Kurangnya Informasi

Kurangnya informasi tentang sekolah kedinasan jurusan IPS bisa diatasi dengan meningkatkan promosi dan kerjasama dengan sekolah-sekolah menengah atas untuk memberikan pencerahan tentang opsi pendidikan ini.

3. Persaingan Masuk

Meski sepi peminat, beberapa sekolah kedinasan tetap memiliki standar seleksi yang tinggi. Calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik, mulai dari akademik hingga fisik, tergantung persyaratan institusi.

Kesimpulan

Sekolah kedinasan jurusan IPS yang sepi peminat di 2024 sebenarnya menyimpan potensi besar yang sering kali tidak terlihat. Dengan biaya pendidikan yang terjangkau, jaminan karir, serta kurikulum yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan nyata di lapangan, ini adalah pilihan yang sangat layak untuk dipertimbangkan.

Masyarakat perlu mulai mengubah pandangannya terhadap jurusan IPS di sekolah kedinasan. Bukan hanya sebagai alternatif, tapi sebagai pilihan utama untuk mereka yang ingin berkontribusi langsung kepada masyarakat dan negara. Mari buka mata kita lebih lebar dan lihat peluang yang ada di depan mata. Sekolah kedinasan jurusan IPS, sepi peminat tapi berkualitas, mungkin saja adalah jawaban dari pencarianmu.

Program Premium Tes Sekolah Kedinasan 2024

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiSEKDIN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiSEKDIN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “SEKDIN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES19”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Ayoo Download Aplikasi JadiSEKDIN karena banyak sekali yang bisa kamu dapatkan agar kalian CEPAT TERLATIH dengan Soal soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024!!!

  • Dapatkan ribuan soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024 dengan pembahasan yang mudah dipahami, berupa video dan teks
  • Live Class Gratis (Berlajar Bareng lewat Zoom)
  • Materi-materi Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • Ratusan Latsol Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • Puluhan paket Simulasi Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

Mau berlatih Soal-soal Tes Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2024? Ayoo segera Masuk Grup Latihan Soal-soal SEKDIN 2024 Sekarang juga!!

Slide

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top